>>> Mitos-Mitos Seputar Kapal dan Lautan
00.36 | Author: Hady

Postingan yang lumayan menarik nih. Langsung saja tak kasih prolog nih ^_^

Lautan yang menghampar begitu luasnya ternyata menyimpan banyak misteri. Oleh karena itu, dalam mengarunginy akadangkala para pelaut melakukan beberapa tindakan agar bisa selamat sampai tujuan. Hal inilah yang kemudian memunculkan beragam mitos.

"Dulu, sewaktu orang masih percaya kalau bumi itu datar, para pelaut tidak berani berlayar telalu jauh. Selain diyakini bisa jatuh dari bumi, mereka juga takut akan berakhir di pulau iblis."

"Pada waktu laju kapal hanya bergantung pada angin, perempuan dilarang naik ke kapal karena dianggap bisa membawa kesialan."

"Pembuat kapal di Skotlandia menyembunyikan keping emas di ceruk lunas (balok memanjang di dasar kapal) karena diyakini membawa keberuntungan."

"Paku pertama yang dipalukan ke lunas (balok memanjang di dasar kapal) seringkali diikat dengan pita merah agar kapal terlindung dari badai dan kesialan."

"Di pelabuhan Inggris, melempar sepatu setelah kapal berangkat adalah hal biasa. Hal ini diyakini bisa membawa keberuntungan."

"Keping perak yang ditaruh di bawah tiang kapal dianggap bisa menghindarkan kapal dan awaknya dari kapal."

"Pelaut di Laut Tengah menggambar mata di haluan kapal untuk menuntun kapal sampai ke tujuannya dan melindungi dari Evil Eye (mata iblis). Selain itu kadangkala mereka menuangkan minuman keras ke laut untuk meredakan badai."

"Nama Jum'at ternyata mengandung makna pantangan bagi para pelaut. Konon pernah ada seorang pelaut yang bernama Jum'at memberi nama kapalnya Jum'at dan berangkat berlayar pada hari Jum'at. Setelah berlayar, kapalnya tidak pernah terlihat lagi."

"Botol sampanye yang dipecahkan ke haluan kapal dalam upacara peluncuran kapal baru ternyata merupakan versi modern dari penyembahan dewa-dewi pada zaman Yunani dan Romawi kuno."

"Kapal tidak boleh diberi nama sembarangan, karena bila salah nama, kapal bisa mengalami kesialan. Selain itu, nama yang yang berakhiran 'a' biasanya dihindari. Tenggelamnya kapal Lusitania tahun 1915 memperkuat mitos ini."

"Burung elang laut dianggap sebagai burung suci. Kedatangannya diyakini sebagai tanda datangnya badai. Uniknya lagi, bila burung ini meninggalkan kotoran di dek, kotoran ini tidak boleh dibersihkan selain oleh angin atau udara."

"Membawa mayat ke atas kapal dianggap tidak membawa keberuntungan. Mayat harus segera dilemparkan ke laut. Tapi, bila terpaksa harus diangkut ke atas kapal, mayat harus ditaruh melintang dan bila telah sampai ke tujuan harus segera diturunkan sebelum para penumpang turun."

Banyak juga yaa. Kira-kira ada yang mau nambahin mitos-mitos yang ada di Indonesia????
|
This entry was posted on 00.36 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

9 komentar pembaca:

On 9 Mei 2009 01.59 , TovaZone mengatakan...

Pertamax coy...
nice post, keep spirit ok!!

 
On 9 Mei 2009 02.19 , Jimz mengatakan...

nice inpo kk^^
thx's...
kk....sorry nih..
sorry, mau nnya nih, tpi di luar artikel nya...hhe
hmm...gimana cara buat search engine buat blog yg spt punya kk itu?

 
On 9 Mei 2009 03.58 , eri-communicator mengatakan...

Sip bro, info yang menarik dan hal baru yang baru saya ketahui, makasih .

 
On 9 Mei 2009 04.33 , Andie Gokil mengatakan...

nice post dude.

eh, ada award di buatmu teman.
ambil yah.
hehehe

 
On 9 Mei 2009 19.43 , ShaSha mengatakan...

bagus artikelnya, Siip... tp itu kan mitos masak iya sih sedangkan di pulau jawa orang melaut kebanyakan dikasih nama
mekar jaya
terus jaya
kebanyakan berakhiran a juha

klo gk percaya liat ja di pantai depok jogjakarta
kebanyakan kapalnya belakangnya pakai kata jaya yang berartio akhiran "a"

 
On 11 Mei 2009 01.51 , sewa mobil mengatakan...

emang nice posting

 
On 11 Mei 2009 01.53 , pasang iklan baris mengatakan...

mitos itu hanya isapan jempol aja.
jangan percaya deh....

 
On 11 Mei 2009 22.03 , uchie mengatakan...

mmm.. gitu yah, ada-ada aja yah mitos-mitos melaut

 
On 4 Februari 2014 06.16 , sie Baong mengatakan...

ada satu lagi nih,krna ane jg brlatar blakang seorang pelaut.....yaitu pantangan menangkap & membunuh burung camar laut,krna klo trjadi,biasa'y membawa badai besar,yg tiba2 muncul & gk bisa di perkirakan oleh radar atau perlengkapan ECDIS skalipun....

 

Artikel yang Paling Dicari

Ayo kita baca ^_^
Dalam setahun, seekor ayam betina bisa bertelur sampai 300 butir ^_^ Bola baseball akan melambung lebih jauh pada suhu udara yang hangat, daripada di tempat dingin ^_^ Planet Uranus punya 27 bulan ^_^ Zaman dahulu orang Mesir percaya, keluar rumah dengan langkah kaki kiri lebih dulu akan membawa keberuntungan ^_^ Setiap orang bisa tertawa sampai 13 kali dalam sehari ^_^ Jumlah rambut rontok seseorang dalam sehari bisa mencapai 100 helai ^_^ Burung unta suka memasukkan kepalanya ke dalam pasir untuk mencari air minum ^_^ Jumlah bakteri dalam mulut kita bisa mencapai jutaan ^_^ Konon mengunyah permen karet waktu mengupas bawang merah, bisa membuat mata tidak perih ^_^ Di Australia pernah dibuat sosis dengan panjang 1 km ^_^ Jerapah bisa membersihkan telinganya dengan menggunakan lidahnya. Soalnya panjang lidahnya sekitar 53,5 cm ^_^ Seekor sapi perah bisa menghasilkan 36 liter susu setiap harinya. Cukup untuk diminum oleh 100 orang ^_^ Stroberi adalah satu-satunya buah yang bijinya diluar ^_^ Ternyata ayam punya banyak suara koleksi kotekan, suara kotekannya berbeda tergantung siapa musuhnya ^_^ Di Jerman ada lebih dari 1500 jenis sosis, 1200 biskuit, dan 300 roti ^_^ Setiap malam seekor harimau bisa menghabiskan 30 kg daging ^_^ Kuda laut tidak punya gigi ^_^ Selama setahun manusia mengedipkan matanya kira-kira 4.200.000 kali ^_^ Kalau semua kertas koran didaur ulang, paling tidak, ada 250.000.000 pohon yang selamat dari penebangan setiap tahunnya ^_^ Tahun 1800-an, saos tomat dijual di apotek sebagai obat diare dan kolera di Amerika Serikat ^_^ Ada berapa semut di dalam sarangnya??? 250.000-300.000 ekor!!!! ^_^ Rayap tidak dapat melihat ^_^ Satu-satunya makanan yang tidak disukai kecoa adalah mentimun ^_^ Rata-rata orang bisa menahan nafas selama kurang lebih 1 menit ^_^ Belalai gajah dapat menampung air sebanyak 4,5 liter ^_^ Dalam tubuh manusia ada 230 sendi ^_^ Selama 15 tahun terakhir, lebih dari 4000 anak yang lahir di Cina diberi nama Aoyun, yang artinya olimpiade ^_^ Kuda nil bisa membuka mulutnya sampai lebih dari 1 meter ^_^ Orang Eskimo menggunakan kulkas agar makanannya tidak membeku ^_^ Tembok besar Cina panjangnya 2253 km ^_^ Di dunia ini ada lebih dari satu juta jenis binatang ^_^ Penguin bisa berjalan lebih cepat daripada manusia ^_^ Lidah bunglon bisa dua kali lebih panjang dari tubuhnya ^_^ Es krim akan menjadi sepanas sup di Pluto, maklum, di Pluto suhunya -240 derajat Celcius ^_^ Ternyata, jagung digunakan untuk membuat bahan bakar, sabun, sedotan, krayon, dan pasta gigi ^_^ Bayi kambing mengenali induknya dari suaranya ^_^ Ukuran bola mata manusia tidak berubah sejak kita dilahirkan ^_^ Selain punya bulu yang belang, kulit harimau juga belang ^_^ Mata kita pasti terpejam waktu bersin ^_^ Kita punya 300 buah tulang sewaktu bayi, namun setelah dewasa hanya tinggal 206 saja. Ada sebagian tulang yang begabung jadi satu ^_^ Ada lebih dari 100 cabai jenis cabai yang hanya tumbuh di Meksiko ^_^ Untuk menghasilkan setengah kilogram madu, lebah harus mengunjungi sekitar dua juta kuntum bunga untuk mencari serbuk sari ^_^ Keju yang beratnya 0,5 kg dibuat dari 4,5 kg susu ^_^ Daun yang warnanya hijau tua mengandung gizi lebih baik daripada daun berwarna hijau muda ^_^ Ada lebih dari 500 jenis pisang di dunia, jadinya kalau setiap hari kita makan satu jenis, seluruh pisang akan selesai kita cicipi setelah 1,5 tahun ^_^ Tidak seperti kucing yang pada umumnya takut air, harimau sangat suka berenang ^_^ Anjing punya dua set gigi, gigi anak anjing ada 30 dan setelah besar ada 42 ^_^ Penciuman anjing seribu kali lebih tajam daripada manusia ^_^ Tanpa disadari, seseorang bisa menelan sampai ratusan kali saat makan ^_^ Cabe hijau mengandung vitamin C lebih banyak daripada jeruk ^_^ Siput punya sekitar 25.000 gigi di lidahnya ^_^ Roti merupakan makanan lambang selamat datang di Rusia ^_^ Rusa salju suka makan lumut untuk menjaga agar tubuhnya tidak beku ^_^ Semua orang tidak diizinkan mengunyah permen karet di Singapura ^_^ Pada tahun 200-an orang-orang Roma menggunakan campuran serbuk tulang, kulit telur, kulit tiram, dan madu untuk membersihkan gigi ^_^ Cabe membuat makanan lebih awet