>>> "Cicak"......cicak di dinding. Loh???
01.42 | Author: Hady

Kali ini kita akan membahas tentang seekor hewan yang namanya "Cicak". Pernahkah kalian berpikir, kok ekor cicak yang putus bisa tumbuh kembali....kira-kira kenapa ya?? Mungkin jawabannya ada di sini. Tapi, maaf ya kalau ada kata-kata yang membuat kalian menjadi sedikit bingung ^_^.
Oke....langsung saja
Ekor cicak memiliki bentuk yang panjang dan lunak yang memungkinkan untuk bisa memendek dan menumpul. Ekor akan mengalami regenerasi bila ekor tersebut putus dalam usaha perlindungan diri dari predator. Regenerasi tersebut diikuti oleh suatu proses, yaitu autotomi. Autotomi adalah proses adaptasi yang khusus membantu hewan melepaskan diri dari serangan musuh. Jadi, autotomi merupakan perwujudan dari mutilasi diri. Cicak jika akan dimangsa oleh predatornya maka akan segera memutuskan ekornya untuk menyelamatkan diri. Ekor yang putus tersebut dapat tumbuh lagi tetapi tidak sama seperti semula (Strorer, 1981).

Berdasarkan hasil praktikum yang dilakukan pada cicak dengan memotong ekornya, setelah diamati selama empat minggu, ternyata bagian ekor yang telah dipotong mengalami pertumbuhan. Ekor yang putus tersebut tumbuh tetapi tidak dapat sama seperti semula. Pengamatan pada minggu pertama ekor cicak bertambah 0,5 cm, minggu kedua 0,1 cm, minggu ketiga 0,4 cm, minggu keempat 0,5 cm. Pertumbuhan ekor cicak yang mengalami regenerasi lebih pendek daripada ekor semula. Karena panjang ekor yang dipotong sepanjang 5 cm sedangkan panjang ekor regenerasi hanya 2 cm. Pada kaki kecoa tidak terjadi penambahan panjang sama sekali dan kecoa mati sebelum 1 bulan.

Menurut Morgan (1989), regenerasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah temperatur, proses biologi dan faktor bahan makanan. Kenaikan dari temperatur, pada hal tertentu, mempercepat regenerasi. Regenerasi menjadi lebih cepat pada suhu 29,7o C. Faktor bahan makanan tidak begitu mempengaruhi dalam proses regenerasi.

Regenerasi melalui beberapa tahapan, yaitu :

1. Luka akan tertutup oleh darah yang mengalir, lalu membeku membentuk scab yang bersifat sebagai pelindung.

2. Sel epitel bergerak secara amoeboid menyebar di bawah permukaan luka, di bawah scab. Proses ini membutuhkan waktu selama dua hari, dimana pada saat itu luka telah tertutup oleh kulit.

3. Diferensiasi sel-sel jaringan sekitar luka, sehingga menjadi bersifat muda kembali dan pluripotent untuk membentuk berbagai jenis jaringan baru. Matriks tulang dan tulang rawan akan melarut, sel-selnya lepas tersebar di bawah epitel. Serat jaringan ikat juga berdisintegrasi dan semua sel-selnya mengalami diferensiasi. Sehingga dapat dibedakan antara sel tulang, tulang rawan, dan jaringan ikat. Setelah itu sel-sel otot akan berdiferensiasi, serat miofibril hilang, inti membesar dan sitoplasma menyempit.

4. Pembentukan kuncup regenerasi (blastema) pada permukaan bekas luka. Pada saat ini scab mungkin sudah terlepas. Blastema berasal dari penimbunan sel-sel diferensiasi atau sel-sel satelit pengembara yang ada dalam jaringan, terutama di dinding kapiler darah. Pada saatnya nanti, sel-sel pengembara akan berproliferasi membentuk blastema.

5. Proliferasi sel-sel berdiferensiasi secara mitosis, yang terjadi secara serentak dengan proses dediferensiasi dan memuncak pada waktu blastema mempunyai besar yang maksimal dan tidak membesar lagi.

6. Rediferensiasi sel-sel dediferensiasi, serentak dengan berhentinya proliferasi sel-sel blastema tersebut. Sel-sel yang berasal dari parenkim dapat menumbuhkan alat derifat mesodermal, jaringan saraf dan saluran pencernaan. Sehingga bagian yang dipotong akan tumbuh lagi dengan struktur anatomis dan histologis yang serupa dengan asalnya

Gimana??? Apakah kalian bisa mendapatkan jawaban yang kalian inginkan??? Atau mungkin tambah pusing 7 keliling???? hehehe.....

|
This entry was posted on 01.42 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

7 komentar pembaca:

On 9 Februari 2009 02.14 , rizkeyboard mengatakan...

nice info...
jadi inget jaman SMA, sering praktek2...
tapi udah banyak lupa
yg inget cuma mitosis

 
On 10 Februari 2009 18.15 , Alief Arya Pradipta mengatakan...

hwahahaa...
kalo orang bisa kayak gitu mah srem banget yha...
pntar kayak pikollo yang di kartun dragon ball...
hehehee... ^^

 
On 11 Februari 2009 17.51 , DeLiA mengatakan...

hueeeeeeeeeeeeeeek..
gw mo muntah liat gambarnyaaaaaaaa..
gw takuuuuuuuuuuuut ma cicak!

 
On 14 Februari 2009 20.34 , alberdian mengatakan...

kunjungan siang....!!! cicak.... didinding..!?

 
On 20 Februari 2009 05.18 , cundinkstempe mengatakan...

cool cool cool

 
On 22 Februari 2009 04.53 , andi mengatakan...

Tahu kah kalian bahwa ekor cicak bisa menjadi obat sakit perut yang paling mujarab..
1. ambil 1 ekor cicak gede
2. panaskan air 1 gelas dicmpur 3 sendok garam
3. rebus ekor cicak tadi bersama dengan 1 siung bawang putih sampe warnya berubah jadi coklat tua.
4. setelah itu dimakan dech..
pasti dah muntah2.. itu tandanya bagusss..
otomatis sakit perut anda hilang dalam sekejab dan berganti dengan sakit baru.. selamat mencoba

 
On 9 Mei 2009 23.09 , Anonim mengatakan...

kaki cicak bisa tumbuh lagi nda?

 

Artikel yang Paling Dicari

Ayo kita baca ^_^
Dalam setahun, seekor ayam betina bisa bertelur sampai 300 butir ^_^ Bola baseball akan melambung lebih jauh pada suhu udara yang hangat, daripada di tempat dingin ^_^ Planet Uranus punya 27 bulan ^_^ Zaman dahulu orang Mesir percaya, keluar rumah dengan langkah kaki kiri lebih dulu akan membawa keberuntungan ^_^ Setiap orang bisa tertawa sampai 13 kali dalam sehari ^_^ Jumlah rambut rontok seseorang dalam sehari bisa mencapai 100 helai ^_^ Burung unta suka memasukkan kepalanya ke dalam pasir untuk mencari air minum ^_^ Jumlah bakteri dalam mulut kita bisa mencapai jutaan ^_^ Konon mengunyah permen karet waktu mengupas bawang merah, bisa membuat mata tidak perih ^_^ Di Australia pernah dibuat sosis dengan panjang 1 km ^_^ Jerapah bisa membersihkan telinganya dengan menggunakan lidahnya. Soalnya panjang lidahnya sekitar 53,5 cm ^_^ Seekor sapi perah bisa menghasilkan 36 liter susu setiap harinya. Cukup untuk diminum oleh 100 orang ^_^ Stroberi adalah satu-satunya buah yang bijinya diluar ^_^ Ternyata ayam punya banyak suara koleksi kotekan, suara kotekannya berbeda tergantung siapa musuhnya ^_^ Di Jerman ada lebih dari 1500 jenis sosis, 1200 biskuit, dan 300 roti ^_^ Setiap malam seekor harimau bisa menghabiskan 30 kg daging ^_^ Kuda laut tidak punya gigi ^_^ Selama setahun manusia mengedipkan matanya kira-kira 4.200.000 kali ^_^ Kalau semua kertas koran didaur ulang, paling tidak, ada 250.000.000 pohon yang selamat dari penebangan setiap tahunnya ^_^ Tahun 1800-an, saos tomat dijual di apotek sebagai obat diare dan kolera di Amerika Serikat ^_^ Ada berapa semut di dalam sarangnya??? 250.000-300.000 ekor!!!! ^_^ Rayap tidak dapat melihat ^_^ Satu-satunya makanan yang tidak disukai kecoa adalah mentimun ^_^ Rata-rata orang bisa menahan nafas selama kurang lebih 1 menit ^_^ Belalai gajah dapat menampung air sebanyak 4,5 liter ^_^ Dalam tubuh manusia ada 230 sendi ^_^ Selama 15 tahun terakhir, lebih dari 4000 anak yang lahir di Cina diberi nama Aoyun, yang artinya olimpiade ^_^ Kuda nil bisa membuka mulutnya sampai lebih dari 1 meter ^_^ Orang Eskimo menggunakan kulkas agar makanannya tidak membeku ^_^ Tembok besar Cina panjangnya 2253 km ^_^ Di dunia ini ada lebih dari satu juta jenis binatang ^_^ Penguin bisa berjalan lebih cepat daripada manusia ^_^ Lidah bunglon bisa dua kali lebih panjang dari tubuhnya ^_^ Es krim akan menjadi sepanas sup di Pluto, maklum, di Pluto suhunya -240 derajat Celcius ^_^ Ternyata, jagung digunakan untuk membuat bahan bakar, sabun, sedotan, krayon, dan pasta gigi ^_^ Bayi kambing mengenali induknya dari suaranya ^_^ Ukuran bola mata manusia tidak berubah sejak kita dilahirkan ^_^ Selain punya bulu yang belang, kulit harimau juga belang ^_^ Mata kita pasti terpejam waktu bersin ^_^ Kita punya 300 buah tulang sewaktu bayi, namun setelah dewasa hanya tinggal 206 saja. Ada sebagian tulang yang begabung jadi satu ^_^ Ada lebih dari 100 cabai jenis cabai yang hanya tumbuh di Meksiko ^_^ Untuk menghasilkan setengah kilogram madu, lebah harus mengunjungi sekitar dua juta kuntum bunga untuk mencari serbuk sari ^_^ Keju yang beratnya 0,5 kg dibuat dari 4,5 kg susu ^_^ Daun yang warnanya hijau tua mengandung gizi lebih baik daripada daun berwarna hijau muda ^_^ Ada lebih dari 500 jenis pisang di dunia, jadinya kalau setiap hari kita makan satu jenis, seluruh pisang akan selesai kita cicipi setelah 1,5 tahun ^_^ Tidak seperti kucing yang pada umumnya takut air, harimau sangat suka berenang ^_^ Anjing punya dua set gigi, gigi anak anjing ada 30 dan setelah besar ada 42 ^_^ Penciuman anjing seribu kali lebih tajam daripada manusia ^_^ Tanpa disadari, seseorang bisa menelan sampai ratusan kali saat makan ^_^ Cabe hijau mengandung vitamin C lebih banyak daripada jeruk ^_^ Siput punya sekitar 25.000 gigi di lidahnya ^_^ Roti merupakan makanan lambang selamat datang di Rusia ^_^ Rusa salju suka makan lumut untuk menjaga agar tubuhnya tidak beku ^_^ Semua orang tidak diizinkan mengunyah permen karet di Singapura ^_^ Pada tahun 200-an orang-orang Roma menggunakan campuran serbuk tulang, kulit telur, kulit tiram, dan madu untuk membersihkan gigi ^_^ Cabe membuat makanan lebih awet